SPRITUALITAS VERSUS KEADILAN

SPRITUALITAS VERSUS KEADILAN
Yohanes 4 : 24 Pilipi 2 : 6 – 7 Roma 3 : 23
Ev.Andereas Dermawan
Artikel saya kali ini mengangkat suatu judul yang sangat penting untuk diketahui semua orang khususnya bagi orang2 kristen yg mengaku dirinya sebagai Pengikut Kristus. Pada topik di atas ada 2 kata yakni kata “ SPRITUALITAS “ dan kata “ KEADILAN”. Apakah makna dari masing masing kata2 itu?
Kebanyakan orang Kristen sangat akrab dan sering mendengar kedua kata ini baik melalui bacaan buku2 rohani maupun melalui khobah yg disampaikan oleh para pengkhobah di gereja mereka. Namun sayangnya tidak banyak yang memahami arti dari kedua kata tersebut. Dalam terjemahan bahasa Indonesia kata spritualitas diterjemahkan sebagai “ KEROHANIAN”. Berbicara masalah kerohanian orang tidak lepas dari konteks agama, apapun agamanya, karena bahasan utamanya adalah KEROHANIAN. Orang2 yg terlibat dalam kegiatan keagamaan adalah orang2 yg terlibat sebagai pelaku spritualitas. Sebagai wadah untuk menjalankan kegiatan/ ritual keagamaan maka manusia mendirikan lembaga keagamaan. Dan mulailah terbentuk hirarki, ada pemimpin agama dan ada jemaat/pengikut dari lembaga keagamaan itu. Hirarki keagamaan ini mulai terbentuk setelah Musa diangkat sebagai pemimpin umat Israel dan sampai zaman penggenapan kedatangan Tuhan Yesus Kristus yg menutup hirarki keagamaan itu. Namun pada realitasnya hirarki keagamaan sama sekali belum dilepas dari zaman Tuhan Yesus bahkan sampai pada zaman sekarang ini. Tradisi ritual keagamaan yg lama tetap dilestarikan sampai saat ini. Padahal kedatangan Tuhan Yesus menutup tradisi keagamaan yg lama pada suatu cara hidup baru yg diteladankan oleh Tuhan Yesus sendiri. Orang orang yg memimpin kegiatan spiritual disebut sebagai pemimpin spiritual atau sederhanya disebut sebagai pemimpin agama atau disebut juga Imam dan Imam besar berdasar hirarkinya. Sebutan pemimpin agama pada agama Kristen yg biasa kita kenal adalah sebutan pastor, pendeta, romo, dlsb. Yang masing2 dinaungi oleh sinagoge pada istilah dizaman dulu dan di zaman sekarang adalah dengan sebutan sinode. Dan dari para imam2 ini dipilih secara bergilir siapa yg menjadi pemimpin sinagoge/sinode dengan sebutan IMAM BESAR. Tradisi hirarki keagamaan dengan berbagai sebutannya dan cara ritualnya tetap masih berlangsung sampai saat ini. Mengapa tradisi ritual ini masih berlangsung? Baiklah untuk menjelaskannya marilah kita bahas satu persatu dari 2 kata di atas yakni kata “ SPRITUALITAS” dan kata “ KEADILAN “.
Kata “ SPIRITUAL” dalam terjemahan bahasa Indonesia adalah “ ROH”. Dalam Yohanes 4 : 24 dikatakan bahwa Allah itu ROH. Pada waktu penciptaan manusia pertama Adam dan Hawa, mereka diciptakan oleh ROH ALLAH. Mereka disebut sebagai manusia Allah, mereka segambar dengan Allah. Namun setelah mereka berdosa maka gambar/rupa Allah yg kelihatan itu menjadi rusak. Patut diingat bahwa Adam dan Hawa terlahir ditaman eden bukan hasil hubungan biologis antara laki2 dan perempuan. Tapi Adam diciptakan melalui hembusan nafas Roh Allah sendiri. Dan Hawa diambil dari tulang rusuk Adam yg juga diberi nafas kehidupan dari Roh Allah sendiri. Namun setelah mereka berdosa mereka dibuang kebumi menjadi manusia duniawi bukan menjadi manusia Allah lagi. Hubungan Allah yg semula begitu dekat menjadi jauh. Dan tanpa Roh Allah manusia sebetulnya sudah mati. Namun Allah yg penuh kasih menjanjikan keselamatan kepada manusia yg digenapi melalui manusia Allah yg baru, sebagai Adam kedua. Siapakah Adam kedua? Kitab Ibrani menjelaskan Yesus Kristus adalah manusia Allah yg baru menggantikan manusia Allah yg pertama yakni Adam pertama. Namun selama masa penantian penggenapan janji yg digenapi selama beribu ribu tahun kemudian, manusia berusaha berdamai dengan Allah. Mereka berusaha berjumpa dengan Allah yg tidak kelihatan itu. Mereka membuat patung2 yg menyerupai dirinya atau menyerupai hewan ataupun bentuk ciptaan Tuhan lainnya. Dalam kurun waktu beribu ribu tahun lamanya manusia tidak bisa berjumpa dengan Allah. Mereka beribadah berdasar 10 hukum taurat yg diturunkan kepada nabi Musa, yg memuat perintah/aturan2 agama. Namun manusia tidak bisa berjumpa dengan Allah yg adalah Roh. Nabi Musa sendiri dan penerus2nya tidak bisa berjumpa dengan Allah dalam wujud yg bisa dilihat, dan biasanya mereka berkomunikasi dengan Allah lewat malaikat pesuruh Allah. Bahkan waktu Allah berbicara langsung dengan Musa, wujud yg ditampakkan berbentuk api. Sebab itu sebelum kedatangan Tuhan Yesus umat manusia, tidak bisa berhubungan langsung dengan Allah, namun diwakili oleh para pemimpin spiritual ( Rohani ), dalam hal ini diwakili oleh para imam dan imam besar. Merekapun tidak bisa melihat Allah yg adalah ROH. Mereka hanya melakukannya secara simbolik atau ritual, sebelum masa penggenapan itu tiba.
Tata cara agama/ ritual keagamaan tidak bisa mempertemukan manusia secara langsung dengan Allah.
Selama kurun waktu sebelum kedatangan Mesias yg dijanjikan Allah, umat manusia beribadah dan mencari Allah dalam tataran spiritual, mereka tidak bisa melihat Allah, hanya berdasar ajaran agama yg mengajarkan Allah yg spiritual, Allah yg tidak bisa dilihat oleh mata.Oleh sebab itu para pemimpin agama/ahli taurat dizaman Tuhan Yesuspun sangat ahli dalam mengajarkan Allah yg spiritual ( Allah yg tidak kelihatan sesuai 10 hukum taurat yg menempatkan Allah yg spiritual, Allah yg abstraak yg tidak bisa dilihat itu sebagai Allah yg patut disembah/ diutamakan/ dikasihi. Karena tidak bisa dilihat dan abstraak mereka berusaha mentafsirkannya berdasar keahlian logika mereka. Bahkan hal ini tetap berlangsung sampai saat ini. Dan sejarah mencatat dengan jalan agama/jalan spiritual manusia tidak bisa berdamai dengan Allah, manusia tetap berdosa. Manusia bertambah jahat, karena jalan agama/jalan spiritual tidak membawa orang berdamai dengan Allah. Sebab itu Allah menjanjikan seorang mesias/Juruselamat di dalam Tuhan Yesus Kristus. Dan mesias ini harus datang dari Allah bukan dari dunia. Karena Ia adalah pengganti manusia Allah pertama ( Adam pertama ) yg berdosa. Sebab itu Yesus sama halnya Adam, Ia dilahirkan bukan oleh hubungan biologis antar manusia ( laki2 dan perempuan ), tapi Yesus dilahirkan oleh Roh Allah sendiri. Ia adalah benih Allah yg baru menggantikan benih Allah yg lama ( Adam pertama ). Saudara ini garis besar penjelasan dari kata “ SPRITUALITAS “.
Saudara sekalian. Sekarang saya ajak saudara untuk memahami kata berikutnya yaitu “KEADILAN”.
Saudara, kata Keadilan sangatlah penting! Karena ini merupakan kunci KESELAMATAN manusia yg sudah dirancang Allah sebelum kedatangan Sang Mesias, yg merupakan RAJA KEBENARAN/KEADILAN! SEBAB ITU TUHAN YESUS DATANG KEDUNIA INI BUKAN MEMBAWA MISI AGAMA ATAU SEBAGAI PEMIMPIN AGAMA. Tuhan Yesus datang bukan datang dengan jalan AGAMA. Tapi secara jelas dan rinci Alkitab mengatakan Tuhan Yesus datang sebagai JALAN KEBENARAN! KATA KEBENARAN DAN KATA KEADILAN ADALAH MERUPAKAN KATA KEMBAR BAGIKAN 2 SISI MATA UANG DALAM LEMBAR YG SAMA. SEBAB ITU BUKAN KEBENARAN NAMANYA KALAU TIDAK ADA KEADILAN. BEGITUPULA BUKAN KEADILAN NAMANYA BILA TIDAK ADA KEBENARAN. SEBAB ITU ORANG2 PILIHAN/ORANG2 YG DIBENARKAN/ORANG2 YG DISELAMATKAN PEWARIS SORGA. Berkali kali disebut dikitab Wahyu sebagai Orang benar dan orang adil! Tidak disebut dengan sebutan orang2 beragama/orang2 baik! DAN SINKRON DENGAN PERNYATAAN YESUS DIMATIUS 25 : 31 – 46. Saudara sekalian BANYAK ORANG SALAH KAPRAH DALAM MEMAHAMI ARTI KEADILAN ALLAH. DAN MEREKA MENGGUNAKAN UKURAN/MINDSET DUNIA YG JUSTRU BERLAWANAN DENGAN MINDSET ALLAH! Keadilan berdasar pemahaman dunia/logika manusia adalah keadilan take and give atau pamrih. Manusia beranggapan bahwa manusia itu berhak pintar kalau belajar, manusia berhak kaya kalau kerja keras dan berprestasi, manusia berhak jadi pemimpin kalau ia menang dlsb! Itulah yg dinamakan sebagai keadilan dunia atau KEADILAN YG BERSIFAT NORMATIVE! SEDANGKAN KEADILAN ALLAH ADALAH BERSIFAT SUBSTANTIVE BERLAWANAN DENGAN KEADILAN DUNIA/LOGIKA MANUSIA YG NORMATIVE! KEADILAN ALLAH DIMULAI DENGAN SUATU PERNYATAAN BAHWA SEMUA MANUSIA SUDAH BERDOSA ( Roma 3 : 23 ). Dan telah kehilangan hak apapun! Semua manusia dihadapan Allah sama telah berdosa. Dan upaya apapun tidak bisa mengembalikan haknya yg telah hilang. Kejujuran mengakui keadaan ini merupakan orang2 yg akan memperoleh kembali KEADILAN ALLAH YG SUBSTANTIVE, justru bukan sebaliknya mengatakan bahwa saudara berhak atas pintar, atas kaya, atas kekuasaan/jabatan dlsb. Tapi menyadari anda lebih hina dari seorang pengemis laksana anak yg terhilang dan pengemis lazarus. Oleh sebab itu hak mewarisi sorga dipulihkan setelah saudara menyadari keadaan yg sesungguhnya dari orang2 yg telah berdosa.
TUHAN YESUS DATANG BERBEDA DENGAN PARA PEMIMPIN AGAMA YG DATANG DENGAN MISI SPRITUAL. Pemimpin agama dan komunitas fanatiknya belajar hal2 spritual/abstraak mereka adalah pelaku spiritual. Mereka benar dalam tataran teori, tetapi kurang benar dalam tataran aplikasinya Sebab itu Tuhan Yesus mengecam para pemimpin agama dan memberitahu murid2Nya bahwa bila hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari mereka, kalianpun sama dengan mereka tidak masuk sorga! Dengan penegasan ini Tuhan Yesus sekaligus memberitahu pengikutNya, bahwa ada komunitas kambing dan ada komunitas domba. Mengapa Yesus menggunakan ilustrasi domba bukan yg lainnya. Karena sesuai dengan nubuatan para nabi dizaman PL bahwa Allah akan mengirim domba yg waktu itu sebagai symbol penebusan dosa, Yesus adalah penggenapan dari domba Allah! Karena keselamatan bukan utk hewan, tapi korbannya juga bukan hewan, tapi keselamatan adalah untuk manusia dan korbannya juga adalah manusia! Pertannyaannya yg timbul mungkin sdr bertanya : MENGAPA BUKAN ISHAK YG JADI KORBAN MANUSIA WAKTU ITU, MENGAPA HARUS TUNGGU RIBUAN TAHUN KEMUDIAN? Jawabnya ialah: Ishak bukanlah benih Allah, ia dilahirkan dari benih manusia, hubungan bilogis antar manusia, dan jelas lahir dari benih dosa Adam pertama. Sebab itu benih baru harus ditanam kembali menggantikan benih Allah yg pertama, yakni benih Allah yg kedua yg steril dari dosa yaitu dalam diri Tuhan Yesus Kristus.
Tuhan Yesus adalah gambar /wujud Allah kelihatan, Ia adalah manusia Allah yg sulung dan yg sempurna. Dan yg menduplikasikan dirinya menjadi banyak kepada para pengikutNya. Allah yg abstraak ( ROH ) kini menjadi Allah yg kelihatan didalam Tuhan Yesus Kristus.SEBAB ITU TUHAN YESUS MERINGKASKAN ISI ALKITAB DENGAN SATU AYAT YAITU : “ KASIHILAH SESAMAMU MANUSIA = DENGAN DIRIMU SENDIRI. Pemimpin agama/ahli taurat datang menguji Yesus dengan mengatakan bahwa : hukum utama adalah : KASIHILAH TUHAN ALLAHMU DENGAN SEGENAP HATI….dst. Dan Ia tidak memahami arti DARI KASIHILAH SESAMAMU……DST? Mengapa??? KARENA DALAM PIKIRANNYA BAHWA MENGASIHI SESAMAMU ADALAH MENGASIHI SESAMA ORANG! DAN SEBAGAI RUJUKANNYA IA BERASUMSI BAHWA SESAMA MANUSIA ADALAH SESAMA PELAKU SPRITUAL! Sebab itu dalam contoh perumpamaannya Tuhan Yesus mematahkan apa yg selama ini menjadi anggapan ahli taurat/pemimpin agama. Dengan mengatakan bahwa SESAMA MANUSIA bukan ada pada Sesama pemimpin agama ( IMAM/LEWI ). Melainkan ada pada 2 kategorie orang yg dianggap kafir/sesat dan satu lagi orang yg terkapar tidak berdaya. Saudaraku sekalian KEADILAN MENURUT ALLAH, KEADILAN YG TELAH DICONTOHKAN YESUS SENDIRI SECARA APLIKATIF. Yesus yg maha mulia, Ia mau merendahkan diriNya ( mendowngrade dirinya) menjadi sama dengan orang2 miskin yg tidak berdaya, sebagai refleksi dari kejujuran orang2 berdosa sebagai orang2 terhukum yg telah kehilangan hak apapun! ( Pilipi 2 : 6 – 7 ).
JADI JELAS saudara dari 2 misi yg berbeda, tentunya akan melakukan kegiatan yg berbeda pula. Yesus bukanlah pemimpin spiritual, tetapi Ia adalah wujud dari KEADILAN/KEBENARAN ALLAH. SEBAB ITU SEBAGAI PENGIKUTNYA KITA ADALAH KUNCI DUPLIKAT YESUS. Yesus adalah PELAKU KEADILAN BUKAN PELAKU SPRITUAL! SEBAGAI PENGIKUTNYA KITAPUN DIMINTA MENJADI SATU MISI DENGAN KRISTUS, SATU PIKIRAN DAN SATU TINDAKAN YG SAMA! Orang2 kristen dewasa ini terjebak pada kegiatan rutin ritual yg dilakukan secara berulang ulang, tanpa mengetahui bahwa mereka bukan berada pada komunitas Kristus tapi mereka terlena dan terbuai pada kenyamanan ritual dari para pelaku ritual zaman ini. Saudara berada pada track yg salah! Supaya saudara tidak salah track marilah saudara ambil waktu untuk memahami kembali kebenaran Firman Tuhan. Anda bisa mencontoh dari apa yg telah diteladankan oleh Yesus dan juga gereja mula2. Yang melakukan kegiatan sebagai pelaku KEADILAN, bukan PELAKU RITUAL. Ajaran Yesus yg sesungguhnya adalah masalah persamaan hak! Ia banyak mengajarkan bila anda punya baju dua berilah saudaramu yg kekurangan masing2 satu. Menandakan persamaan, dan hiduplah berpadan dari apa yg ada, bukan dari kelebihan. Sebab itu Tuhan Yesus tetap konsisten dengan ajaranNya, meski diprotes, dibilang sesat, dibilang gila dlsb. Yesus berkata BERBAHAGIALAH ORANG YG MISKIN, KARENA MEREKALAH PEWARIS SORGA, SEBALIKNYA CELAKALAH ORANG KAYA..dst. Dan dipertegas dengan kata2 : ALANGKAH SUKARNYA ORANG KAYA MASUK SORGA! Mengapa? KARENA CIRI ORANG KAYA ADALAH MAUNYA LEBIH DARI ORANG LAIN. SEHINGGA KEADILAN YG SESUAI MINDSET ALLAH SANGAT SUKAR BAGI MEREKA UTK MEMPRAKTEKANNYA! MANUSIA TIDAK MAU SAMA, TAPI BERLOMBA LOMBA LEBIH DARI YG LAINNYA. SEBAB ITU PERLU PENGOSONGAN DIRI YG TELAH DIAPLIKASIKAN SECARA NYATA OLEH TUHAN YESUS! Saudara sekalian kiranya artikel ini boleh menyadarkan kita untuk berpindah dari pelaku spiritual menjadi PELAKU KEADILAN, Selamat berjuang, Amin!

Advertisements

9 Comments (+add yours?)

  1. Andy Samuel
    Jun 05, 2012 @ 19:42:05

    apakah bapak andereas sudah menjual seluruh harta bapak seperti yg bapak sampaikan??

    Reply

  2. racoplax
    Aug 29, 2012 @ 08:11:15

    Cahaya Surga belum terpancar di wajah anda…

    Reply

  3. Sammy Lee
    Jan 26, 2013 @ 19:13:47

    Hehehe. Itu juga pertanyaan saya, tapi beliau tidak mau ladeni kalau itu tidak sesuai dengan pemahamannya. Hehehe.

    Reply

  4. Sammy Lee
    Jan 27, 2013 @ 16:23:24

    Dan yang paling menyedihkan adalah beliau menganggap semua pendeta lain adalah Iblis, hanya dia yang pengikut Kristus dan wakil Kristus yang benar satu-satunya diatas dunia ini. Coba baca ini posting nya yang terbaru tapi bukan topik baru melainkan hanya ulangan bagaikan piringan hitam rusak:

    Andereas Dermawan:

    BERJAGA JAGALAH!!! IBLIS TELAH MEMAKAI KEKUATAN AGAMA UTK MENYESATKAN UMAT MANUSIA DISELURUH DUNIA MELALUI PARA PEMIMPIN AGAMA/ANTIKRIS/NABI PALSU/PEBISNIS AGAMA YG PUNYA BANYAK JEMAAT/PENGIKUT! SANGAT DIKAGUMI! PINTER BUAT MUJIZAT, PINTER KHOTBAH, PINTER DAN SUKSES DALAM HAL2 DUNIAWI! INGATLAH BAHWA HAL INI SDH DIPERINGATKAN OLEH TUHAN YESUS SEBELUM SECOND COMIMG!

    Reply

  5. Sammy Lee
    Jan 27, 2013 @ 16:57:54

    Padahal Tuhan Yesus tidak mengatakan bahwa semua pendeta/pemimpin agama/romo = nabi palsu atau antikris, kecuali Andereas Dermawan. Yesus hanya katakan : BANYAK NABI2 PALSU, DAN BANYAK YANG AKAN KECEWA, tapi tentu itu berarti ada banyak juga yang nabi benar, pendeta benar, dan pemimpin agama/gereja yang benar selain Bapak Andereas Dermawan, bukan? Karena kalau Yesus katakan SEMUA PENDETA/ROMO/EVANGELIS/PEMIMPIN JEMAAT ADALAH ANTIKRIS, NGAK PERLU KITA MASUK KE GEREJA YANG MANAPUN, PASTI ITU DIPIMPIM OLEH IBLIS ATAU ANTIKRIS, DAN SEMUA UMATNYA PUN ADALAH UMAT IBLIS. DAN YESUS, ROH KUDUS, DAN SEMUA MURID-MURID DAN NABI2NYA YANG BENAR SEPANJANG 2000 TAHUN INI SUDAH GAGAL TOTAL MENARIK SATU JIWA PUN MENJADI PENGIKUT KRISTUS YANG BENAR KECUALI BAPAK EVANGELIS ANDEREAS DERMAWAN!

    Reply

  6. Sammy Lee
    Apr 03, 2013 @ 12:44:29

    PERHATIKAN AJARAN SESAT TIDAK ALKITABIAH DARI BAPAK Andereas Dermawan STh ini: Pada waktu penciptaan manusia pertama Adam dan Hawa, mereka diciptakan oleh ROH ALLAH. “Mereka disebut sebagai manusia Allah, mereka segambar dengan Allah. Namun setelah mereka berdosa maka gambar/rupa Allah yg kelihatan itu menjadi rusak. Patut diingat bahwa Adam dan Hawa terlahir ditaman eden bukan hasil hubungan biologis antara laki2 dan perempuan. Tapi Adam diciptakan melalui hembusan nafas Roh Allah sendiri. Dan Hawa diambil dari tulang rusuk Adam yg juga diberi nafas kehidupan dari Roh Allah sendiri. Namun setelah mereka berdosa mereka dibuang kebumi menjadi manusia duniawi bukan menjadi manusia Allah lagi”.

    ADAM BUKAN DICIPTAKAN OLEH ROH ALLAH SAJA. ALLAH BAPA, PUTERA (JUGA DISEBUT FIRMAN) DAN ROH KUDUS BEKERJA BERSAMA-SAMA MENCIPTAKANNYA DI TAMAN EDEN, YANG ADA DI BUMI INI PADA WAKTU ITU, JADI BUKAN DI SORGA. BAGAIMANA SAMPAI ADAM DAN HAWA SESUDAH BERDOSA “DIBUANG KEBUMI?”

    INI ADALAH AJARAN SESAT DAN HANYA ASUMSI/OPINI/TAFSIRAN DARI MANUSIA YANG BERNAMA ANDEREAS DERMAWAN, STh.!
    .

    Reply

  7. adigraha
    Oct 26, 2013 @ 16:59:01

    Pdt. Andereas Dermawan…semua yang anda ulas adalah benar, murni dari hati Yesus (dan murni Alkitabiah). Tenang saja pak, justru tanda-tanda nabi/pengajar asli itu haruslah dikecam dan “dianiaya” bahkan oleh “saudara seiman” sendiri.

    Mereka ini tidak bisa mengerti karena pola pikirnya memang sudah tercemar oleh babel yang telah iblis rintis ribuan tahun silam. Perlu anugerah Yesus untuk melepaskannya. Sama seperti saya (dahulu) yg termasuk sebagai “ahli-ahli Taurat/orang Farisi-nya abad 21” namun yang sekarang telah Yesus jamah dan ubah secara radikal.

    Bahkan Yesus dihakimi sesat, gila dan kerasukan iblis oleh agama mayoritas (Yahudi) waktu itu. Ini melambangkan kekristenan mayoritas sekarang ini yang juga seperti itu, menghakimi dan men-cap “kekristenan ala Yesus yang original”, biarkan saja…nanti juga akan tiba waktunya Tuhan akan pisahkan lalang dari gandum 🙂

    Salah satu contoh kekristenan yang bukan agama adalah pergerakan gereja rumah di China, Iran, Irak, Mesir, India, Myanmar, Afrika, dlsb – kebanyakan adalah negara yang jauh dari pengaruh “kekristenan-ala-barat”. Di China tahun 1949 s/d 1980, Tanpa tokoh / elite / prefesional rohaniwan, tanpa misionaris dan…”tanpa Alkitab” mereka bertumbuh dari 800.000 orang percaya menjadi 30 juta orang percaya. Mereka mengerjakan apa yang berkenan kepada Bapa, mengguncang China dengan darah martir yang menghasilkan tuaian yang tidak dapat lagi “DIGAGAHI” Oleh segelintir profesional rohaniwan. Tak ada istilah lagi pilih “domba lezat” atau pilih “domba sesat”. Yang ada adalah : mengikut Yesus itu berarti harus siap mati atau menderita bagi Injil. Titik.

    salam dari saya, maju terus pantang mundur pak Andereas Dermawan!
    http://gereja-rumah.blogspot.com

    Reply

  8. hence
    Aug 12, 2014 @ 06:47:10

    Shallom..
    Pak Andereas, saya salut dengan kegigihan anda. Namun yang anda lakukan adalah “peperangan persuasif” melalui media..

    Anda berusaha menjelaskan pemahaman anda dan orang lain membaca.. Yang harus diingat adalah, “logika”..

    Anda katakan Yesus ajarkan “persamaan hak”. Saya tidak setuju! Menurut saya, Yesus ajarkan “pelepasan / penyerahan hak”.

    Dua hal ini sepintas sama, tapi hakekatnya jauh berbeda. “Persamaan hak” adalah moral dunia, sedangkan “pelepasan / penyerahan hak” adalah moral alkitab.

    Tolong direnungkan!!

    Reply

  9. andreas anak lonte
    Aug 27, 2014 @ 22:43:40

    anak lonte aja d dengerin….

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Halaman

dikunjungi:

  • 15,830 kali
%d bloggers like this: