ALKITABIAH VS KRISTUSBIAH
Teks Bacaan Matius 16 : 24 Yohanes 1 : 14
Oleh : Ev. Andereas Dermawan

Topik tulisan kali ini mungkin kedengaran aneh ditelinga kita. Dewasa ini banyak bermuncullan perdebatan mengenai kemurnian ajaran kekristenan. Dan semua pihak mengklaim bahwa ajaran atau doktrin yang mereka sampaikan adalah berdasarkan Alkitab. Atau lebih familiar ditelinga kita dengan sebutan ajaran yg berdasarkan ALKITABIAH. Istilah ini lazim kita dengar. Bahkan tidak sering istilah Alkitabiah ini digunakan untuk saling serang satu sama lain. Masing mengklaim bahwa doktrin atau ajaran mereka berdasarkan ALKITABIAH!
MELALUI TULISAN INI KIRANYA BOLEH MEMBERIKAN PEMAHAMAN YG UTUH TENTANG ALKITAB SEBAGAI BUKU ILMU PENGETAHUAN AGAMA ( TORAT ) dan ALKITAB DIPAHAMI SEBAGAI FIRMAN TUHAN YG HIDUP ( FIRMAN YG MENJADI MANUSIA ).
Yohanes 1 : 14 dengan jelas mengatakan bahwa FIRMAN ITU TELAH MENJADI MANUSIA….. dst. Siapakah Firman yg telah menjadi manusia itu? Tiada lain yaitu TUHAN YESUS KRISTUS. Dari titik pemahaman inilah maka sudut pandang kita memandang Alkitab bukan lagi sebagai torat atau gulungan kertas belaka dan memandangnya sebagai buku ilmu agama, tapi sikap kita memandangnya sebagai tulisan dan ucapan YESUS. Sebab itu dasar rujukan/ narasumber yg kita harus pegang adalah pribadi Tuhan YESUS sendiri. Didalam Alkitab ada ribuan perkataan, siapakah yg kita jadikan rujukan? Kalau kita memandangnya sebagai pribadi Tuhan Yesus, maka selayaknyalah ucapan Yesus yg menjadi rujukan kita dan kita harus mentaati perintahNya. Namun kalau kita menganggapnya sebuah buku ilmu agama/ torat, maka rujukan anda adalah para ahli torat, yg ahli dalam mentafsirkan Alkitab, tapi tidak melaksanakan apa yg diperintahkan oleh Yesus. Setelah ada penjelasan ini, kiranya saudara sekalian mendapat pemahaman yg benar tentang siapa yg menjadi pegangan iman kita. APAKAH KITA HIDUP SECARA ALKITABIAH/TORAT ATAU KITA MAU MEMAKAI RUJUKAN KRISTUS SEBAGAI PEGANGAN HIDUP KITA, KITA HIDUP MENELADANI KRISTUS DAN SEMAKIN HARI SEMAKIN SERUPA DENGAN KRISTUS. YANG MANA YANG SAUDARA PILIH HIDUP SECARA ALKITABIAH ATAU HIDUP DI DALAM KRISTUS ( KRISTUSBIAH). RASUL PAULUS MENGATAKAN BAHWA IA DULU DIBAWAH KUK HUKUM TORAT, TAPI SETELAH BERTOBAT BERJUMPA DENGAN YESUS, IA HIDUP MENURUT HUKUM KRISTUS ( KRISTUSBIAH ). Mudah2an tulisan ini memberikan pencerahan baru buat saudara sekalian! Amin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Halaman

dikunjungi:

  • 15,539 kali
%d bloggers like this: